T h e P o w e r o f L o v e

All About Basic Cultural Knowledge

Ilmu Ilmu tidak dapat didefinisikan,karena untuk mendefinisikan ilmu kita membutuhkan ilmu pula
kalau menurut mulla sadra ilmu adalah hadirnya sesuatu dalam fahaman.

Budaya
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

Dasar 
Dasar adalah bagian terpenting (landasan) pada sesuatu hal.

Jadi Ilmu Budaya Dasar adalah landasan dari suatu faham tentang suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok dan di wariskan dari generasi kegenerasi.dalam kata lain Ilmu Budaya Dasar dipelajari untuk menumbuhkan rasa petriotisme dalam bermasyarakat.


Latar Belakang Ilmu budaya dasar dalam konteks Budaya , negara dan bangsa indonesia berkaitan dengan berbagai kehidupan , contoh :
  • Kenyataan bahwa indonesia terdiri dari beberapa sukubangsa dan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai macam aspek kebudayaan , yang biasanya tidak lepas dari ikatan-ikatan (primodial) kesukuan dan kedaerahan

    Hal ini yang menyebabkan perlunya generasi muda mempelajari tentang Kebudayaan , agar dapat menghargai bahkan melestarikan kebudayaan bangsa .


    Tujuan Ilmu Budaya Dasar

    Tujuan ilmu Budaya dasar adalah untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji berbagai persoalan budaya serta persoalan yang dihadapi manusia. Selain itu Ilmu Budaya Dasar tidak bermaksud menggambarkan disiplin ilmu yang menjelaskan hanya satu bidang saja, melainkan mengambarkan berbagai disiplin ilmu termasuk di dalamnya pengetahuan budaya (the humanities). Di samping itu, Ilmu Budaya Dasar turut serta dalam pengembangan kerpibadian bagi yang mempelajarinya. dengan mempelajari Ilmu Budaya Daar kita dapat menemukan dunia baru berupa wawasan yang dapat menimbulkan kecerdasan berfikir .Sehingga dengan begitu kita bisa menjadi lebih kritis terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut diri kita, orang lain mapun alam sekitar kita.

    Namun demikian, untuk memenuhi tujuan pembelajaran tentang Ilmu Biudaya Dasar dengan sendirinya memberikan harapan kepada kita seperti berikut :

    1. Mengusahakan penajaman dan kepekaat pola pikir kita terhadap lingkungan budaya, sehingga kita lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, terutama untuk kepentingan setiap individu.
    2. Memberikan kesempatan bagi kita semua untuk memperluas wacana tentang berbagai masalah yang dihadapi manusia maupun berbagai persoalan budaya.
    3. Mengkader kita untuk menjadi individu yang toleran dan tidak terjerumus dalam sifat kedaerahan, fanatisme agama, maupun ras atau golongan. Hal ini karena ruang lingkup pendidikan yang kita rasakan saat ini cenderung membuat setiap manusia berpandangan sempit, mementingkan golongan dan lain sebagainya.

    Comments
    0 Comments
    0 Komentar untuk "All About Basic Cultural Knowledge"

    Back To Top