T h e P o w e r o f L o v e

manusia dan keindahan


                                          Manusia dan Keindahan
Manusia adalah makhluk yang diciptakan sempurna dibandingkan dengan makhluk-makhluk lain, karena manusia dibekali akal, pikiran dan budi pekerti. pada dasarnya manusia senang akan keindahan, baik berupa apa yang dilihat maupun yang dirasakan, baik itu perbuatan maupun perasaan. Berikutt saya akan menjelaskan tentang keindahan.
Keindahan dapat kita temukan dan kita rasakan dimana-mana. Keindahan itu tidak harus pergi ketempat-tempat yang bagus, indah,elok,asri dan sebagainya. Cukup dengan berbuat baik dan diiringi keikhlasan, keindahan sudah kita dapat dan kita rasakan. Dan tak hanya itu orang lain pun akan merasakan keindahan tersebut meskipun ia tak berbuat apa-apa. Jika hal ini dilakukan setiap manusia dimanapun dan kapanpun ia berada alangkah indahnya hidup ini, baik itu disekolah, rumah tempat umum, jalan-jalan dan sebagainya.
Jadi, seperti yang saya katakan diatas, indah itu ada dimana-mana. Jika, manusia itu sendiri yang mau membuat keindahan itu ada dimana-mana. Berikut ini beberapa pengertian keindahan :
Menurut pengertian keindahan secara luas itu ada 3 yaitu:
1.      Keindahan dalam arti luas
Keindahan menurut para ahli :
·         Menurut the liang gie keindahan adalah ide kebaikan
·         Menurut Pluto watah yang indah dan hokum yang Indah
·         Menurut aristoteles keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan

2.      Keindahan dalam arti estetik murni
Adalah pengalaman dari estetik seseorang yang sudah mempunyai ilmu yang diserapnya

3.      Keindahan dalam arti terbatas
Yaitu benda benda yang dapat dinikmati oleh mata keindahannya baik dari segi bentuk dan warnanya.

Keindahan sendiri memiliki dua nilai yang sangat penting yaitu:
1.      Nilai ekstrinsik
Adalah nilai yang sifatnya sebagai alat atau sebagai alat bantu untuk membantu suatu hal. Contoh nyanyian atau suara seseorang yang merdu dan ancur

2.      Nilai intrinsik
Adalah sifat baik yang ada didalam tubuh seseorang yang akan disampaikan. Contoh seseorang yang ingin menyampaikan kebaikan dari nyanyiannya dia.

Kesimpulan :
Jadi, keindahan itu ada pada setiap insan, jika setiap insan tersebut menunjukkan dan mempraktekkan keindahan itu dalam kehidupan sehari-hari.


Comments
0 Comments
0 Komentar untuk "manusia dan keindahan"

Back To Top