T h e P o w e r o f L o v e

SABAR KUNCI KEHIDUPAN


Nama                   : Umi Nabila
Kelas          : 2KA42
NPM           : 18111388

SABAR KUNCI KEHIDUPAN

Kenapa Kita Harus Bersabar ?
            Menurut Imam Al-Ghazali, sabar merupakan ciri khas manusia. Selain dikaruniai akal, manusia juga memiliki hati sebagai penyeimbang nafsu. Dan sabar terletak di dalam hati yang lapang. Sebagai manusia yang memiliki tiga potensi tersebut janganlah seseorang diperbudak nafsu amarahnya dengan meninggallkan saluran kebaikan melalui pintu-pintu kesabaran. Jika seseorang kehilangan kesabaran yang dikendalikan oleh hati nurani yang tidak jernih, maka akan muncul tindakan di luar control. Dan tindakan yang dikendalikan oleh hati dan akal yang tidak jernih akan menimbulkan penyesalan.
            Untuk itulah, sifat sabar harus terus dipupuk. Sabar dalam arti yang positif bias menumbuhkan energy hidup yang semakin menentang. Sabar tidak berarti tanpa usaha, tapi sabar sebagai strategi dalam menyelesaikan suatu persoalan. Menurut Yusuf al-Qardhawi, sabar dapat diterapkan ke dalam enam persoalan hidup sebagai manusia beriman, yaitu :
  • Sabar menerima cobaan
  • Sabar dari keinginan hawa nafsu
  • Sabar dalam taat kepada Allah
  • Sabar dalam berdakwah
  • Sabar dalam perang/membela diri
  • Sabar dalam pergaulan
Ketika kamu bias sabar dalam enam hal tersebut insya Allah kamu akan menjadi pribadi yang sabar, disenangi orang, diharapkan kehadirannya, dan ditangisi kepergiannya. Jangan sampai ya… kamu meninggal dunia nanti disumpahi banyak orang karena perbuatanmu kini. Wallahu a’lam J
Comments
0 Comments
0 Komentar untuk "SABAR KUNCI KEHIDUPAN"

Back To Top