T h e P o w e r o f L o v e

Cara Mengatasi Permasalahan




Life is never flat


Kata Agnes Monica, Life is never flat ... Yah hidup itu tidak selalu datar – datar saja, hidup itu tidak bisa selalu begitu – begitu saja. Jika anda ingin berkembang anda harus bersedia dirundung masalah yang akan membuat anda untuk terus tumbuh.

Hidup itu akan jauh lebih indah ketika masalah itu semakin membuat kita untuk belajar, tumbuh dan berkembang.

Tetapi kemampuan kita untuk mengatasi masalah seharusnya harus terus di-upgrade juga. Jangan sampai masalah yang ada lebih besar dari diri kita. Karena anda menganggapnya demikian.

Yakinlah betapa besar masalah yang menghampiri anda, anda harus lebih besar dari masalah itu. Caranya? Kongkritnya? Yah terus update dan upgrade diri anda terus menerus dengan senantiasa belajar dari kesalahan dan perbaiki diri dengan membaca, menulis atau apapun yang bisa membuat anda menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Dalam bahasa Anthony Robbins constant and never ending improvement (cani) perbaikan yang tetap dan terus menerus tidak pernah berhenti. Ini adalah syarat minimal agar kita bisa selalu bisa menyelesaikan masalah yang ada. atau bahkan dengan lebih baik lagi ke depannya.

So, ini jika anda sedang dirundung masalah, ingat beberapa tips berikut ini:

Lihat dan anggap masalah sebagai sesuatu yang positif. Masalah adalah sesuatu yang akan mendewasakan kita. tidak ada masalah, yah tidak ada pelajaran dan tentunya tidak ada pembelajaran juga yang akan membuat kita semakun bijak dan dewasa.

Masalah selalu lebih kecil dari diri kita karena Tuhan menciptakan kita dengan potensi besar yang luar biasa untuk memimpin dunia. Dan masalah hanyalah bagian kecil dari sesuatu yang harus kita atasi... welcome the problem  
  
Selalulah update dan upgrade diri anda. Anda tidak bisa memcahkan masalah dengan kemampuan yang tidak pernah diupgrade sedangkan masalah yang ada bisa saja senantiasa bertambah dan kian kompleks. karena itu belajar untuk terus menjadi lebih baik dari hari ke hari adalah prasyarat minimal untuk bisa sukses memecahkan masalah.


Problems are the spice of life


Masalah adalah bumbu kehidupan. Hidup akan menjadi lebih berwarna dengan problematika dan masalah karena sebenarnya disitulah letak dinamika dan seninya hidup. Hidup akan statis dan hampa makna tanpa masalah.

Masalah itu ada untuk dipecahkan bukan untuk dihidari. Karena semakin anda hindari semakin dia mengejar anda hingga anda harus menyerah dibuatnya dan tidak ada pilihan lain selain memecahkan masalah atau anda yang akan dipecahkan kepalanya dengan masalah itu 

Bagaimana cara mengatasi masalah dalam hidup ini? Di dalam kehidupan di dunia ini, kita tidak luput dari masalah-masalah atau persoalan yang dihadapi. Banyak sekali masalah yang dihadapai di mana pun, kapan pun atau dengan siapa pun masalah itu akan terjadi. Namun, kita harus bisa mengatasi dengan baik masalah-masalah tersebut.

Terkadang, masalah itu datang dari mana pun, baik itu dari kehidupan sehari-hari dalam masyarakat ataupun dalam pekerjaan. Maka dari itu, kita jangan pernah goyah, stres, dan kalut ketika masalah itu datang. Kita harus menghadapinya dengan mantap dan tenang.

Terkadang masalah itu sangat banyak persoalannya mungkin masalah itu datang karena sikap kita yang kurang baik pada sesama atau juga sebaliknya, masalah yang datang itu dari orang lain yang tidak suka dengan kita. Oleh karena itu, untuk menikmati kehidupan dengan baik dan indah, maka kita harus terus meningkatkan ilmu keterampilan dan percayadiri dalam menghadapi berbagai masalah.

Ada juga masalah dengan bertambahnya umur, maka tidak dipungkiri kebutuhan sangat banyak dan tuntutan dari tanggung jawab pun sangat berat. Dengan kita malas-malasan menuntut ilmu, maka akan selalu datang masalah yang berat untuk menghadapi hidup ini di masa mendatang. Dengan bermalas-malasan, maka hidup kita akan menghadapi kesengsaraan, kepedihan, dan kepahitan hidup.

Bahkan, yang lebih menyakitkan adalah penghinaan-penghinaan yang datang menerpa kita. Maka dari itu, kita harus siap dengan apa yang akan terjadi ketika kehidupan kita dalam keadaan sengsaraan.

Kita harus mempunyai cita-cita yang diinginkan. Kalau bisa, kita harus merelisasikannya dengan benar agar cita-cita yang diinginkan memang terealisasikan. Untuk mengatasi dan menghindari masalah-masalah kesengsaraan, maka kita harus benar-benar giat dalam mencapai tujuan yang diinginkan agar kesuksesan bisa ada di depan mata dan kita bisa mendapatkan kebahagiaan tersebut.

Memang setiap manusia itu mempunyai keterbatasan untuk mengetahui sesuatu yang tidak terjangkau oleh kemampuan setiap orangnya. Di dalam kehidupan ini, ada banyak masalah yang tidak mampu untuk kita atasi atau bisa disebut di luar dugaan untuk menghadapinya. Mungkin sebuah kekecewaan yang didapat oleh kita.

Dengan terjadinya masalah di luar dugaan, maka kita pasti berkeluh kesah, mungkin stres bisa melanda. Kita punya rencana, tetapi Tuhan pun punya rencana. Semua yang terjadi itu adalah kehendak Tuhan.

Terkadang, manusia ketika mendapatkan suatu masalah selalu dengan penuh kekecewaan dan mungkin juga marah-marah dengan masalah-masalah yang memang mengecewakan. Tetapi sebaliknya, ketika mendapatkan keuntungan, manusia selalu tidak ingat dengan apa yang diberikan oleh sang penciptanya yang telah memberikan keutungan bagi orang tersebut.

Maka ketika kita mendapatkan masalah, janganlah mengeluh karena mungkin itu adalah sebuah cobaan yang diberikan oleh Tuhan. Ketika kita mendapatkan kesuksesan, bersyukurlah selalu kepada sang pemberi rezeki yang telah membuat kita menjadi sukses.

Mengatasi Masalah Keluarga


Dalam kehidupan berkeluarga memang sangat banyak liku-likunya. Terkadang ada bahagia, terkadang ada masalah-masalah yang membuat cekcok antara suami istri. Tetapi masalah-masalah keluarga bukan hanya dengan timbulnya karena perekonomian yang ada dalam keluarga. Namun, masalah-masalah keluarga bisa saja ada faktor dari lingkungan atau juga yang lainnya.

Masalah dalam kehidupan ini banyak sekali terjadi pada setiap manusia. Apabila setiap orang tidak bisa menghadapi masalah-maslalah yang dihadapinya, maka akan mengakibatkan tekanan batin yang mungkin akan membuat orang tersebut depresi.

Nah, bagi yang mempunyai masalah keluarga, maka kita harus bisamengatasi apa permasalahan yang ada pada keluarga. Apakah persoalan kebutuhan keluarga kita tidak tercukupi? Bisa juga tidak ada komunikasi yang baik dengan anggota keluarga. Hal seperti ini bisa membuat hubungan keluarga menjadi tidak harmonis. Ada beberapa langkah untuk mengatasi masalah yang kita hadapi seperti berikut ini.

Mengetahui masalah. 

Telusuri apa yang sedang dialami dalam keluarga kita. Mencari tahu persoalan yang menjadi timbulnya masalah-masalah yang muncul pada keluarga kita. Maka dengan mengetahui persoalan yang sebenarnya akan lebih baik lagi. 

Jangan terlalu larut dalam masalah. 

Jangan pernah kita terlalu larut dalam permaslahan yang dihadapi, apalagi kita tidak bisa untuk menghadapi masalah tersebut. Maka kita harus mengutamakan atau memfokuskan pada satu persoalan yang harus diambil dengan baik dan tegas.

Mencari solusi. 

Untuk mencari solusi yang baik dari masalah-masalah yang ada dalam keluarga, maka pikirkan cara untukmenghadapi permaslahan tersebut dengan baik. Apabila masih bingung, kita boleh minta pendapat pada orang yang ahli dan berpengalaman.

Meminta bantuan. 

Apabila masalah keluarga tidak bisa diatasi dengan baik, mintalah bantuan pada saudara atau teman-teman kita. Jangan membiarkan waktu terlalu lama jika tidak bisamenghadapi masalah pada keluarga kita.

Berdoa. 

Seringlah berdoa setiap saat kepada sang pencipta agar masalah-masalah yang ada pada keluarga bisa diatasi dengan baik dan lancar. Karena atas kuasa-Nya, segala urusan dan masalah diserahkan.

Segera atasi masalahnya. 

Tidak baik jika masalah keluarga berlarut-larut lama. Masalah itu akan membesar apabila dibiarkan begitu lama. Oleh karena itu, kita harus mengambil keputusan yang tepat pada waktunya agar masalah tersebut bisa terselesaikn dengan baik dan tidak berlarut-larut lagi.

Belajar dari masalah. 

Di dalam permasalahan di dalam sebuah keluaraga pasti akan ada pelajaran yang bisa diambil. Maka kita jadikan permaslahan keluarga itu menjadi sebuah pembelajaran bagi kehidupan yang dijalani. Dengan menjadikan sebuah pembelajaran, maka kehidupan kita akan menjadi tenang dan matang untuk menjalani kehidupan kedepannya.


Welcome the Problem


Memang di dalam sebuah kehidupan itu kita tidak selalu diberikan kebahagiaan yang lancar terus menerus. Kehidupan di dunia ini sangat berliku-liku. Terkadang ada senang dan terkadang ada masalah-masalah yang tidak menyenangkan. Tetapi semuanya kembali lagi kepada diri kita untuk menyikapi persoalan-persoalan yang datang, apakah kita bisa menyelesaikannya atau tidak.

Menghadapi persoalan apa pun yang terjadi di dunia ini adalah dengan menjaga hati ini untuk selalu tenang, bersikap rida, dan ikhlas karena Tuhan. Kenapa kita harus mempunyai sikap rida? Dengan rida, kita bisa menrima kenyataan atau persoalan-persoalan yang datang pada diri kita. Walaupun kita bersikap uring-uringan dan kekecewaan yang melampaui batas, tetap saja kenyataan tersebut sudah terjadi. Oleh karena itu, kita harus menerima kenyataan dan rida dengan hati yang tulus.

Ada sebuah ibarat ketika kita memasak nasi dan nasi itu gagal, maka nasi itu menjadi bubur. Maka itu, berusaha untuk menjadi yang terbaik adalah sesuatu yang baik. Dengan berusaha dengan giat meskipun hasilnya tidak memuaskan, kita sudah berusaha dengan apa yang diinginkan. Jangan pernah berkeluh dengan kegagalan yang pernah dialami karena kegagalan adalah awal dari kesuksesan apabila kita selalu berusaha dan rida dengan apa yang terjadi.

Jangan pernah ingin mempersulit diri karena kejujuran adalah yang terbaik untuk mencapai sesuatu masalah-masalah yang datang pada diri kita. Jika kita sering mempersulit diri, persoalan dalam menyelesaikan masalah pun akan sangat sulit diselesaikannya. Langkah lebih baiknya kita berbicara jujur untuk menyelesaikan masalah-masalah yang datang agar masalah-masalah yang dihadapi bisa diatasi dengan baik dan lancar.

Bersikaplah dewasa dan sabar untuk menghadapi sesuatu hal yang ada di dunia ini. Semoga kita bisa menyikapi dengan baik masalah-masalah yang kecil maupun masalah-masalah yang besar. Semoga kepercayaan diri kita untuk menghadapi masalah-masalah yang ada bisa menjadikan pembelajaran atas semua yang terjadi dan bisa mengatasi semua hal-hal yang rumit.


Reaksi dan respon serta sikap manusia terhadap masalah sangat variatif alias berbeda beda. Ada yang menganggap masalah sebagai batu sandungan yang menghambat dirinya yang kadang bahkan sering bikin stress dan pusing tujuh keliling……

Sebaliknya ada juga yang menganggap masalah sebagai batu lompatan untuk lebih maju atau sebagai teman yang mengingatkan. Sebagai seorang kawan yang harus disikapi secara bijak. Mereka adalah sekelompok manusia yang percaya bahwa tanpa masalah mereka tidak akan pernah tumbuh.

Karena sebenarnya ketika anda tidak merasa nyaman dengan keadaan anda sekarang dan serasa begitu banyak masalah yang menghimpit hidup anda, sebetulnya pada saat itulah anda sedang bertumbuh.

Jangan mau hanya nyaman dengan keadaan anda sekarang. Jika anda sedang berada dalam comfort zonesekarang alias zona nyaman anda, yakinlah bahwa suatu saat hidup anda pasti akan berubah. Apakah berubah menjadi lebih baik atau menjadi lebih buruk. Anda sendiri yang membuatnya.

Berikut ini tips tambahan untuk mengatasi masalah :

1. JANGAN PANIK

Saat Tertimpa Suatu Masalah, Langkah Pertama Yang Harus Diambil Adalah Jangan Panik. Kepanikan Hanya Akan Menambah Masalah Daripada Menyelesaikan Masalah. Maka Latih Diri Dan Keluarga Untuk Selalu Tenang Dan Tidak Panik Menghadapi Situasi Segawat Apapun.

2. JANGAN EMOSIONAL

Jangan Terpancing Untuk Marah Dan Bertindak Emosional Ketika Kita Dihadapkan Pada Suatu Masalah. Marah Hanya Akan Memuaskan Nafsyu, Sedangkan Nafsyu Yang Tidak Terkendali Buakn Jalan Meraih Kebenaran Dan Kemuliaan Hidup. Bukannya Tidak Boleh Tertindak, Tapi Yang Tidak Boleh Adalah Bertindak Secara Emosional.

3. JANGAN TERGESA-GESA

Tindakan Tergesa-Gesa Hanya Akan Menuai Penyesalan. Maka Kendalikan Diri, Jangan Ingin Cepat-Cepat Menyelesaikan Suatu Aktivitas Tanpa Perhitungan Matang. Saat Dihadapkan Dengan Masalah Yang Rumit, Segera Petakan Masalah Tersebut, Kumpulkan Informasi Secara BAL (Benar, Akurat Dan Lengkap).

4. JANGAN MENDRAMATISIR MASALAH

Sebagian Penderitaan Yang Dialami Adalah Hasil Dramatisasi Pikiran Kita Sendiri. Akibatnya Persoalan Jadi Tampak Gawat, Darurat, Dan Mencekam. Padahal Boleh Jadi Masalah Yang Dihadapi Tidak Segawat Dan Semencekam Yang Diperkirakan.

5. JANGAN PUTUS ASA

Masalah Akan Membuat Kita Terpuruk Dan Menjadi Hina, Bila Kita Putus Asa Menghadapinya. Ingatlah, Bersama Kesulitan Ada Kemudahan!


Incoming Search Term :

cara mengatasi permasalahan ekonomi
cara mengatasi masalah ekonomi
cara mengatasi masalah sosial
cara mengatasi permasalahan
tips mengatasi masalah
mengatasi masalah belajar
mengatasi masalah keluarga
mengatasi masalah sosial
bagaimana cara mengatasi masalah
mengatasi masalah ekonomi
bagaimana mengatasi masalah
cara mengatasi masalah

Comments
0 Comments
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Permasalahan"

Back To Top