T h e P o w e r o f L o v e

Membangun Kebebasan Finansial Sejak Muda




Financial Freedom

Bagi para kebanyakan orang pada umumnya berpikir bahwa kebebasan finanasial berarti menjadi bos! Yang tak perlu takut akan PHK. Tak ada lagi politik praktis di kantor. Bekerja sesuai waktu kamu sendiri. Atau bekerja dengan orang yang kamu pilih sendiri. Tak perlu kerja kantoran, tetapi kamu bisa kerja dari rumah kamu sendiri. Kamu memiliki uang yang cukup untuk segala keperluan kamu. Dan yang paling penting, memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan apa yang kamu sukai bersama keluarga, teman-teman, serta berkelana mengunjungi tempat-tempat wisata favoritmu.

Pada tingkatan yang lebih tinggi, Financial Freedom (kebebasan finansial) berarti memiliki kemampuan untuk membuat perubahan yang lebih baik bagi kehidupan orang lain dan membantu mereka untuk sukses. Membantu orang lain terlepas dari bayang-bayang masalah keuangan, tagihan hutang dan kartu kredit, sehingga dapat lebih bermanfaat bagi sesama.

Financial freedom jelas berhubungan dengan uang. Uang memang tidak dapat menjadi jaminan kebahagiaan. Tetapi dengan memiliki uang, kamu dapat memiliki kebebsan untuk mendapatkan apa yang kamu mau, memberikan pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak kamu, mengusahakan pelayanan kesehatan bagi orang tua kamu, memberikan hunian yang lebih layak bagi keluarga, dan berbagai tujuan-tujuan nyata lainnya, termasuk membahagiakan orang lain yang tidak beruntung.

Apakah kebebasan finansial dapat kamu peroleh jika kamu berprofesi sebagai pegawai atau karyawan. Bukan hal yang tidak mungkin. Akan tetapi kenyataannya, jutaan karyawan dan PNS hanya menerima pendapatan dan gaji yang terbatas, hanya untuk bertahan hidup. Sementara harga (makanan, pakaian, sewa rumah, listrik, air, dll) dan biaya-biaya seperti uang sekolah, uang kuliah, biaya RS, serta aneka biaya sosial lainnya terus meningkat. Akibatnya banyak pegawai yang tergoda untuk korupsi, hanya demi memenuhi kebutuhan hidup.

Financial freedom seharusnya merupakan salah satu tujuan dalam rancangan hidup seseorang. Karena itu, tidak ada jalan lain. Solusi terbaik bagi pencapaian financial freedom atau kebebasan finansial adalah memiliki usaha mandiri. Meskipun demikian, usaha tersebut harus bisa bekerja untuk kamu, bukan hanya kamu yang bekerja untuk usaha kamu. kamu harus menemukan dunia usaha dengan sistem yang telah teruji dan handal.


Aset dan Liabilitas


Kebebasan finansial adalah suatu keadaan di mana kita tidak perlu lagi bekerja untuk mendapatkan penghasilan yang cukup. Cukup mengandalkan aset yang sudah kita bangun. Apa sih aset itu? Mungkin teman-teman belum tahu yang namanya aset. Aset itu adalah kekayaan yang bisa menghasilkan uang untuk kita. Contoh aset misalnya : nama baik, kantor yang dipakai untuk bisnis, motor yang dipakai untuk ngojek (kerja), mesin di pabrik dan lain sebagainya.

Selain aset ada yang namanya liabilitas (beban). Liabilitas ini adalah barang/sesuatu yang ada pada kita, tapi keberadaannya justru mengurangi uang kita. Misalnya motor yang cuma dipakai buat gayagayan, mobil yang dipakai untuk sekedar pamer, gadget yang cuma dipakai buat senang-senang dan banyak lagi. 

Orang kaya itu adalah orang yang membangun aset, mereka tidak tergoda untuk pakai barang-barang mahal hanya demi pamer agar tidak dikira miskin. Orang yang bangga pakai barang mahal biasanya adalah orang yang yakin dirinya murah. Nah berikut ini beberapa alasan kenapa kita harus berusaha semuda mungkin mencapai yang namanya kebabasan finansial.



Biaya hidup semakin hari semakin mahal. Biaya pendidikan itu mahal. Pendidikan itu sangat-sangat-sangat penting, dengan pendidikan yang baik seseorang bisa menjadi pribadi yang lebih berilmu dan bermanfaat, untuk itu jangan sepelekan pendidikan. Tapi yang jadi masalah, semakin tahun biaya pendidikan semakin naik. Hidup ini butuh fasilitas. Coba deh teman-teman perhatikan, seberapa penting handpone sekarang. Mungkin kalau tahun 80-an dulu, handpone bukanlah kebutuhan pokok. Tapi coba sekarang, sebagian besar orang butuh handpone. Nah makin hari biaya untuk faslitas hidup kita (seperti handpone, laptop, gadget, asuransi dan lainnya ) semakin mahal.

Untuk mempersiapkan masa pensiun yang cemerlang dan penuh kesejahteraan. Berapa banyak orang-orang di sekitar kita yang masa tuanya “berat”? Biaya kesehatan mahal, tapi untuk membiayanya tidak sanggup, belum lagi tanggungan anak-anak dan cucu-cucunya. Gak mau kan kalau masa tua kita nanti hidupnya susah dan kita masih harus bekerja keras padahal sudah saatnya kita pensiun? Untuk itu kita harus siapkan masa pensiun dari sekarang, jangan berharap uang pensiun dari orang lain, tapi buatlah tabungan pensiun Anda sendiri.

Sudah tahukan, kenapa kita perlu jadi sukses dan kaya semuda mungkin?

Tips :

Ciptakan Aset, bukan memperbanyak beban. Orang kaya itu membangun aset sebanyak mungkin, oleh karena itu jangan pernah menolak untuk belajar sesuatu (ilmu) baru. Karena banyak ilmu itu banyak rezeki. 

Incoming Search Term :

kebebasan finansial adalah
meraih kebebasan finansial
mencapai kebebasan finansial
menuju kebebasan finansial
bebas finansial
bebas financial
cara bebas finansial
kebebasan finansial
kebebasan financial

Comments
0 Comments
0 Komentar untuk "Membangun Kebebasan Finansial Sejak Muda"

Back To Top